Minggu, 26 April 2015

RPP AKTIVITAS KEB JAS



   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Sekolah                       : SMP Negeri  4 Blora
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester           : VII / 1
Materi Pokok              : Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani
Alokasi Waktu             : 3 JP (1   x  Pertemuan)

A.            Kompetensi Inti
1.             Menghargai dan menghayatiajaran agama yang dianutnya.
2.             Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansocialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya.
3.             Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
4.             Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori.

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Sikap Religius
1.1.    Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicermin-kan dengan:



1.1.1 Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
1.1.2 Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir.







Sikap sosial :
2.1. Berperilaku sportif dalam bermain.









.


2.1.1Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan
2.1.2.Bertanggung jawab dalam peng-gunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.1.3.Menghargai perbedaan karak-teristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.1.4. Menunjukkan kemauan kerja-sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
21.5.Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.1.6.Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.1.7Menerima kekalahan dan ke-menangan dalam aktivitas fisik .
3.1. Memahami konsep keterampilan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dengan komponen kekuatan yang benar


3.1.1Menjelaskan caramelakukan latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dengan komponen kekuatan (kekuatan otot perut, kekuatan otot kedua lengan, kekuatan otot punggung,, kekuatan otot tungkai ) dengan benar



4.1. Mempraktekkan aktivitas Kebugaran Jasmani.



4.1.1Mempraktekan caramelakukan latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dengan komponen kekuatan (kekuatan otot perut, kekuatan otot kedua lengan, kekuatan otot punggung,, kekuatan otot tungkai ) dengan benar


C.           Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1.              Menunjukkan sikap kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, dan tolong menolong selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
2.             Menjelaskan cara melakukan latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dengan komponen kekuatan ( latihan kekuatan otot perut, latihan kekuatan otot kedua lengan, latihan kekuatan otot punggung, latihan kekuatan otot lengan dan latihan kekuatan otot tungkai dengan benar.
3.             Melakukan cara melakukan latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dengan komponen kekuatan ( latihan kekuatan otot perut, latihan keuatan otot kedua lengan, latihan kekuatan otot punggung, latihan kekuatan otot lengan dan latihan kekuatan otot tungkai dengan baik.

D.               Materi Pembelajaran :

a)                                Melatih kekuatan otot perut
b)                               Melatih kekuatan otot kedua lengan
c)                                Melatih kekuastsn otot punggung
d)                               Melatih kekuatan otot lengan
e)                                Melatih kekuatan otot tungkai


E.                Metode Pembelajaran :
1.             Pendekatan          : Scientific
2.             Metode                : Discovery Learning


F.            Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran :
1.                                              Media Pembelajaran :
a.             Audio/video visual latihan aktivitas kebugaran jasmani
b.             Rekaman/cuplikan pelaksanaan aktifitas kebugaran jasmani
c.              Poster/gambar pelaksanaan aktifitas kebugaran jasmani

2.                  Alat Pembelajaran :
a.             Kursi panjang
b.             Peluit
c.              Stopwach

3.                  Sumber Belajar :
a.             Buku Pegangan Guru SMP Kelas VII hal 205 - 228 Muhajir danBudi Sutrisno; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI.
b.             Buku Pegangan Siswa SMP Kelas VII hal 167 - 185Muhajir danBudi Sutrisno; Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI.
c.              Buku praktik/Lembar Kerja Siswa (LKS).

G.           Langkah-langkah Pembelajaran

1.             Pendahuluan (12 Menit)
a.              Berbaris dan berdoa dipimpin oleh salah satu peserta didik.
b.             Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan peserta didik, jika ada yang sakit peserta didik bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan permainan.
c.              Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Saat melakukan pemanasan guru mengamati kebenaran gerak pemanasan, jika terdapat peserta didik yang melakukan kesalahan, guru langsung memperbaiki pada saat kejadian (sambil memberhentikan pemanasan sementara), guru mempertanyakan tujuan dan manfaat melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik yaitu: untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
d.             Guru mempertanyakan “Bagaimana kebugaran tubuh siswa selama ini, pernah sakit atau tidak?, dan pertanyaan lainnya yang relevan.
e.              Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan 1, yaitu : mempraktekkan cara melakukan latihan kebugaran jasmaniyang berkaitan dengan kesehatan dengan komponen kekuatan..
f.              Guru menyampaikan pengorganisasian kelas yaitu kegiatan pembelajaran aktif dilakukan dalam bentuk tugas individu dan kelompok.,

2.             Kegiatan Inti (90 Menit)
a.             Mengamati
1)             Peserta didik mengamati tayangan video bagaimana cara melakukan latihan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan dengan komponen kekuatan yaitu :
a)             Melakukan latihan kekuatan otot perut
b)            Melakukan latihan kekuatan otot kedua lengan
c)             Melakukan latihan kekuatan otot punggung
d)            Melakukan latihan kekuatan otot tungkai

b.             Menanya
1)             Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan latihan kekuatan otot perut, yang dimediasi oleh guru?
2)             Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan latihan latihan kekuatan otot kedua lengan, yang dimediasi oleh guru?
3)             Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan latihan kekuatan otot perut, yang dimediasi oleh guru?
4)             Peserta didik saling mempertanyakan “bagaimana pelaksanaan latihan kekuatan otot tungkai naik turun bangku, yang dimediasi oleh guru?

c.              Eksplorasi / Mencoba
1)             Peserta didik mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, dan  disiplinyang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.

d.             Mengasosiasi
Peserta didik mempraktikkan secara berpasangan atau berkelompok menemukan hubungan latihan kekuatan

E       Mengkomunikasikan
1)             Peserta didik menerapkan keterampilan latihan kekuatan otot dengan menunjukkan nilai kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, dan disiplin, dan guru mengamati peserta didik selama latihan.
2)             Guru mengamati jalannya latihan, bila ada peserta didik yang curang, langsung diperingatkan dan menyampaikan arti pentingnya latihan kekuatan otot  dalam mencapai kesehatan badan sehari-hari.

3.             Kegiatan Penutup (18 Menit)
a.             Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh peserta didik secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat melakukan praktik.
b.             Guru menginformasikan kepada peserta didik yang paling baik penampilannya selama melakukan  latihan kekuatan.
c.              Salah satu peserta didik di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
d.             Guru menugaskan peserta didik untuk membaca dan membuat catatan tentang macam-macam latihan kekuatan otot. Hasilnya ditugaskan kepada peserta didik dijadikan sebagai tugas portofolio.

A.           Penilaian Pembelajaran

1. Instrumen Penilaian Sikap

Indikator         :membiasakan berdoa sesudah dan sebelum kegiatan dan sportif
BENTUK PENILAIAN
SKOR (1-4)
KRITERIA PENILAIAN
1
2
3
4
a. Observasi
    - Aspek yang diamati/dinilai :
      1. Kerjasama
      2. Tanggung jawab
      3. Disiplin
      4. Jujur




Nilai 4 Jika peserta didik mampu
             melakukan aspek  ke 1,2,3,4
             dengan baik
Nilai 3,Jika peserta didik hanya mampu   melakukan  aspek ke 1,2,3 saja  dengan baik
Nilai 2 Jika peserta didik hanya  mampu   melakukan aspek ke 1,2 saja   dengan baik
Nilai 1,Jika peserta didik  hanya mampu   melakukan aspe ke 1 saja dengan  baik
b. Penilaian Diri
    -Aspek yang dinilai :
      1. Jujur
      2. Tanggung Jawab
      3. Kerja sama
      4. Disiplin




Nilai 4 Jika peserta didik mampu
             melakukan aspek  ke 1,2,3,4
             dengan baik
Nilai 3,Jika peserta didik hanya mampu   melakukan  aspek ke 1,2,3 saja   dengan baik
Nilai 2 Jika peserta didik hanya  mampu    melakukan aspek ke 1,2 saja   dengan baik
Nilai 1,Jika peserta didik  hanya mampu   melakukan aspe ke 1 saja dengan   baik
c. Antar Peserta Didik
  - Aspek yang dinilai :
      1. Jujur
      2. Disiplin
      3. Kerjasama
     4. Tanggung jawab





Nilai 4 Jika peserta didik mampu
             melakukan aspek  ke 1,2,3,4
             dengan baik
Nilai 3,Jika peserta didik hanya mampu   melakukan  aspek ke 1,2,3 saja   dengan baik
Nilai 2 Jika peserta didik hanya  mampu   melakukan aspek ke 1,2 saja   dengan baik
Nilai 1,Jika peserta didik  hanya mampu   melakukan aspe ke 1 saja dengan     baik
d.Jurnal
-Aspek yang dinilai :
 1. Disiplin
2. Kerjasama
3.Tanggung jawab
4. Jujur




Nilai 4 Jika peserta didik mampu
             melakukan aspek  ke 1,2,3,4
             dengan baik
Nilai 3,Jika peserta didik hanya mampu   melakukan  aspek ke 1,2,3 saja  dengan baik
Nilai 2 Jika peserta didik hanya  mampu   melakukan aspek ke 1,2 saja  dengan baik
Nilai 1,Jika peserta didik  hanya mampu    melakukan aspe ke 1 saja dengan   baik
JUMLAH SKOR






PENGOLAHAN   SKOR :
            JUMLAH SKOR YANG DIPEROLEH
               -------------------------------------------   X  4  =...........................
              JUMLAH SKOR MAKSIMAL

2. Instrumen Penilaian Pengetahuan
     Indikator    : Peserta didik memahami tentang gerakan kekuatan
BENTUK PENILAIAN
SKOR (1-4)
1
2
3
4
a. Tes Tertulis ( contoh 4 soal )
    -Pilihan Ganda :
     1. Posisi badan saat melakukan gerakan sit up adalah.......
           a. Terlentang                                              c. Miring
           b. Tengkurap                                              d. Berdiri
     2. Latihan gerakan Sit up untuk melatih kekuatan otot......
            a. Lengan                                                    c. Kaki
            b. Pinggang                                                d. Perut
      3. Posisi ke dua tangan saat melakukan gerakan sit up yaitu........
            a. Di depan perut                                      c. Di belakang kepala
            b. Di depan kepala                                    d. Terlentang
      4. Durasi Waktu yang ideal untuk melakukan latihan sit up tingkat      SMP adalah.......
              a. 1 menit                                                 c. 2 menit
              b. 30 detik                                                d. 3 menit

   - Uraian ( contoh 4 Soal)
     1. Jelaskan cara melakukan gerakan sit up !
     2. Jelaskan manfaat  melakukan gerakan sit up !
     3.  Bagaimana posisi badan saat melakukan gerakan sit up?
     4.  Bagaimana posisi ke dua lengan saat akan  melakukan gerakan     sit up?




b. Tes Lisan ( 4 Soal )
      1. Jelaskan cara melakukan gerakan sit up !
     2. Jelaskan manfaat  melakukan gerakan sit up !
     3.  Bagaimana posisi badan saat melakukan gerakan sit up?
     4.  Bagaimana posisi ke dua lengan saat akan  melakukan gerakan  sit up?




c. Penugasan
1.Buatlah laporan secara tertulis tentang kegiatan latihan Sit up !
Aspek yang dinilai :
      a. Judul Laporan
      b. Isi Laporan
      c. Isi Penutup
      d. Kesimpulan




JUMLAH SKOR





KRITERIA PENILAIAN TES TERTULIS :
Nilai 4 Jika peserta didik mampu mengerjakan semua soal dengan benar         
Nilai 3,Jika peserta didik hanya mampu mengerjakan 3 soal dengan benar.
Nilai 2 Jika peserta didik hanya  mampu mengerjakan 2 soal dengan benar
Nilai 1,Jika peserta didik  hanya mampu mengerjakan 1 soal dengan benar.

PENGOLAHAN SKOR :
SKOR  YANG DIPEROLEH
          -------------------------------- -----  X  4  =....................
        JUMLAH SKOR MAKSIMAL

KRITERIA PENILAIAN TES LISAN :
Nilai 4 Jika peserta didik mampu menjawab semua soal dengan benar         
Nilai 3,Jika peserta didik hanya mampu menjawab 3 soal dengan benar.
Nilai 2 Jika peserta didik hanya  mampu menjawab 2 soal dengan benar
Nilai 1,Jika peserta didik  hanya mampu menjawab 1 soal dengan ben

PENGOLAHAN SKOR :

SKOR  YANG DIPEROLEH
          -------------------------------- -----  X  4  =....................
        JUMLAH SKOR MAKSIMAL

3.Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator   : Peserta didik dapat melakukan gerakan Sit up dengan benar
BENTUK PENILAIAN

SKOR (1-4)
1
2
3
4
a. Tes Praktek
    -Lakukan gerakan sit up selama 30 detik dan hitunglah berapa
jumlah gerakan yang dapat dilakukan peserta didik !
       Aspek yang dinilai :
                               1-Angkat badan ke atas sampai mencium lutut.
                                  2-Turunkan badan sampai posisi berbaring
                                  3-Kedua tangan tetap di belakang leher
                                  4-Pandangan tetap ke atas






BENTUK PENILAIAN

SKOR (1-4)
1
2
3
4
b. Proyek
    Proses :
  -Lakukan  latihan gerakan sit up di rumah secara rutin selama 1
minggu.Setiap melakukan latihan waktunya 30 detik dan catatlah  setiap melakukan latihan.
Kriteria yang dinilai :
                1.Melengkapi komponen laporan
                                  2-Mengumpulkan data-data tentang sit up
                                  3-Mengumpulkan tugas tepat waktu
                          4-Kwalitas hasil laporan.
 c.   Produk :
     - Peserta didik membuat dokumentasi/ laporan tentang latihan
gerakan sit up yang dilakukan selama 1 minggu.
    -Peserta didik  melakukan gerakan sit up dihadapan guru.
      Kriteria yang dinilai :
                1.Angkat badan ke atas sampai mencium lutut.
                                  2-Turunkan badan sampai posisi berbaring
                                  3-Kedua tangan tetap di belakang leher
                          4-Pandangan tetap ke atas




JUMLAH SKOR





BENTUK PENILAIAN

SKOR (1-4)
1
2
3
4
c. Portofolio
  -Melakukan gerakan Sit up secara rutin selama  1  minggu.Setiap melakukan latihan waktunya 30 detik.Catatlah hasilsetiap melakukan  gerakan sit up.
-Melakukan gerakan sit up dengan durasi waktu 30 detik.
Kriteria penilaian :
-Nilai 4 jika dapat melakukan gerakan sit up sebanyak : ......>30 kali     (putra) dan .......> 25 kali (putri)                                                                                           
Nilai 3 Jika dapat melakukan gerakan sit up sebanyak : 25-29 kali(putra)    Dan 20-24 Kali (putri)
Nilai 2 jika dapat melakukan gerakan sit up sebanyak : 20-24 kali (putra)     dan 15-19 kali (putri)
Nilai 1 jika dapat melakukan gerakan sit up sebanyak : 15-19 kali (putra)   dan 10-14 kali (putri)











JUMLAH SKOR





KRITERIA PENILAIAN KETERAMPILAN :
Nilai 4 Jika peserta didik mampu melakukan 4 kriteria 1,2,3,4  dengan benar
Nilai 3 Jika Peserta didik hanya mampu melakukan  tiga kriteria ke 1,2,3  dengan benar
Nilai 2 Jika peserta didik hanya mampu melakukan 2 kriteria1,2 dengan benar
Nilai 1 Jika Peserta didik hanya mampu melakukan 1 kriteria ke 1 dengan benar.

PENGOLAHAN SKOR :

SKOR  YANG DIPEROLEH
          -------------------------------- -----  X  4  =....................
        JUMLAH SKOR MAKSIMAL


   CONTOH PENILAIAN PRODUK PRESTASI KEKUATAN DAN DAYA TAHAN SIT UP 30 DETIK
PEROLEHAN NILAI
KRITERIA PENSKORAN
KLASIFIKASI NILAI
PUTRA
PUTRI


......>30 KALI
....>25 KALI
100%
SANGAT BAIK
25-29
20-24
90
BAIK
20-24
15-19
80
CUKUP
15-19
10-14
70
KURANG
<15
......<10
60
KURANG SEKALI

Rentang nilai keterampilan 
nilai
Predikat
0,00<nilai<1,00
D
1,00<nilai<1,33
D+
1,33<nilai<1,66
C-
1,66<nilai<2,00
C
2,00<nilai<2,33
C+
2,33<nilai<2,66
B-
2,66<NILAI<3,00
B
3,00<Nilai<3,33
B+
3,33<nilai<3,66
A-
3,66<nilai<4,00
A





Mengetahui :
Kepala Sekolah
Blora,
                       Guru Mata Pelajaran




                 Fitrotun Khasanah,S.Pd M.M.Pd
NIP. 19640212 198412 2 005




Muhammad Raihan, S.Pd
               NIP.19670622 199003 1 002































1.            Jenis dan Teknik Penilaian
a.            Jenis Penilaian
1)             Tes
2)            Non Tes

b.            Teknik Penilaian
1)             Observasi perilaku
2)            Tes tertulis
3)            Tes kinerja


2.           Bentuk Instrumen dan Instrumen Penilaian
a.           Bentuk Instrumen Penilaian
1)                                                                                               Lembar observasi/pengamatan
2)                                                                                              Butir-butir soal uraian (essay)
3)                                                                                              Tes keterampilan (unjuk kerja)

b.                                                                                                                 Instrumen Penilaian
1)            Penilaian Pengetahuan
a)            Petunjuk Penilaian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!

b)                                                                       Butir Soal Pengetahuan

No.
Butir Pertanyaan
Kriteria Pensekoran
Nilai Akhir
1
2
3
Σ
1.
Jelaskan cara melakukan latihan kekuayan otot perut.





2.
Jelaskan cara melakukan latihan kekuatan otot kedua lengan.




3.
Jelaskan cara melakukan latihan latihan kekuatan otot punggung.




4.
Jelaskan cara melakukan teknik latihan kekuatan otot lengan.





5.
Jelaskan cara melakukan latihan kekuatan otot tungkai naik turun bangku

.






Jumlah Skor Maksimal = 15

c)             Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
1)             Skor 3      : jika peserta didik mampu menjelaskan secara utuh (gerakan posisi tangan,
                 posisi kaki, dan sikap tubuh) dalam latihan kekuatan otot
2)            Skor 2      : jika peserta didik mampu menyebutkan dua jawaban di atas.
3)            Skor 1       : jika peserta didik mampu menyebutkan salah satu jawaban di atas.


2)           Penilaian Keterampilan
a.             Petunjuk Penilaian
Penilaian aspek keterampilandiperoleh melalui penilaian proses, yaitu: sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir melakukan suatu proses gerak latihan kekuatan otot






b.             Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
Lakukan latihan kekuatan otot perut,otot punggung,otot dua lengan otot tungkai

Penilaian Keterampilan Gerak
Nilai Akhir
Keterangan
Penilaian Proses
Penilain produk
Sikap awal melakukan gerakan
 (Skor 3)

Proses melakukan gerakan(Skor 4)
Sikap akhir gerakan
(Skor 3)
1
2
3
1
2
3
4
1
2
3














Jumlah Skor Maksimal = 10


















c.              Kriteria Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja)
Kriteria skor : Pelaksanaan latihan kekuatan otot perut (Proses)
1)             Sikap awal
Nilai 3 jika :
a)            Sikap baring terlentang
b)            Kedua lutut di tekukdan dirapatkan
c)            Kedua tangan menopang leher bagian belakang
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
2)            Pelaksanaan gerak
Nilai 4 jika :
a)            Angkat badan keatassamapi mencium lutut
b)            Kemudian turunkan lagi badan sampaiposisi berbaring
c)            Kedua tangan tetapmemegang leher
d)           pandangan mata tetap keatas.
Nilai 3: jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
3)            Pelaksanaan akhir (kembali ke sikap semula)
Nilai 3 jika :
a)            Posisi badan tidur terlentang dantetap reliks
b)            Kedua tangan tetap memegangleher bagian belakang
c)            Kedua tungkai diluruskan dan dibuka selebar bahu
Nilai 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Nilai 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar

Download : RPP Aktivitas Keb Jas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar