Minggu, 26 April 2015

Penilaian Outentik Senam Irama



Penilaian Outentik
Pada Pembelajaran Senam Irama
Teknik dan Bentuk Penilaian
(Materi Senam Irama Tanpa Alat)

I. Penilaian Pengetahuan
1) Petunjuk Penilaian
Setelah mempelajari materi senam irama tanpa alatkerjakan tugas di bawah ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Tugas ini dikerjakan berkelompok di rumah dan dikumpulkan dalam bentuk portofolio!
           
       2)Butir Soal Pengetahuan:
            1. Jelaskan cara melakukan gerakkan langkah kaki gerak berirama.
            2. Jelaskan cara melakukan gerakan ayunan lengan gerak berirama!
            3. Jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dan ayunan lengan gerak berirama!
            4. Jelaskan cara melakukan gerakan senam dengan menggunakan irama poco-poco
                gerak berirama!
            5. Jelaskan cara melakukan gerakan senam dengan menggunakan irama cha-cha gerak
                berirama!

       3. Rubrik Penilaian Pengetahuan (Untuk Guru) 
No
Butir Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Nilai Akhir
1
2
3
4
Ʃ

1
Jelaskan cara melakukan gerakan langkah kaki gerak berirama!






2
Jelaskan cara melakukan gerakan ayunan lengan gerak beriama!






3
Jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dan ayunan lengan gerak berirama!






4
Jelaskan cara melakukan gerakan senam dengan menggunakan irama poco-poco gerak berirama!






5
Jelaskan cara melakukan gerakan senam dengan menggunakan irama cha-cha gerak berirama!







4) Kriteria Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
Skor 4 : jika peserta didik mampu menjelaskan tentang rangkaian gerakan langkah kaki dan ayunan lengan senam berirama.
Skor 3  :  jika peserta didik mampu menjelaskan dua pertanyaan di atas.
Skor 2 :  jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu pertanyaan di atas.
Skor1 : jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan.


II. Penilaian KeterampilanSenam Irama

Butir Soal Keterampilan (Unjuk Kerja)
a) Lakukan gerakan langkah kaki senam ritmik! Unsur-unsur yang dinilai adlah kesempurnaan melakukan suatu proses gerakan (penilaian proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian proses).
Proses Penilaian Gerak
Skor Akhir
Ket
Sikap Awal gerakan (Skor 3)
Prose melakukan gerakan
(Skor 4)
Sikap akhir gerakan
(Skor 3)
Penilaian
Produk
(Tes gerakan langkah kaki)
. . . .
. . . .
. . . .
. . . .
. . . .



b) Lakukan gerakan ayunan lengan !Unsur unsur yg dinilai adalah kesempurnaan melakukan suatu(penilaian proses)dan ketepatan melakukan gerakan ( penilaian proses )

Proses Penilaian Gerak
Skor Akhir
Ket
Sikap Awal gerakan    (Skor 3)
Prose melakukan gerakan
(Skor 4)
Sikap akhir gerakan
(Skor 3)
Penilaian
Produk
(Tes gerakan ayunan lengan)
. . . .
. . . .
. . . .
. . . .
. . . .










Kriteria Penilaian Proses
Kriteria skor : Pelaksanaan Ayunan Lengan Senam Ritmik (Proses)
Sikap awal
Skor 3 jika :
(1) Berdiri tegak kedua kaki sejajar.
(2) Kedua tangan disamping paha.
(3) Siku di tekuk sikap berdiri tegak..
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar

·      Pelaksanaan gerak
Skor 4 jika:
(1)     Langkahkan kaki kiri kedepan .
(2)     Berat badan pada kaki kiri.
(3)     Kaki kanan terlepas dari lantai.
(4)     Tangan kanan diayunkan kedepan.
Skor 3: jika lima  kriteria dilakukan secara benar
Skor 2: jika hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu  kriteria yang dilakukan secara benar

·      Pelaksanaan akhir (Kembali ke sikap semula)
Skor 3 jika:
(1)     Badan condang kedepan.
(2)     Kedua tangan dilipat didepan
(3) Berdiri sikap sempurna.
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar


Kriteria skor: pelaksanaan ayunan lengan senam ritmik (proses)

Sikap awal
Skor 3 jika :
(1)   Berdiri tegak kedua kaki sejajar
(2)   Kedua tangan disamping paha
(3)   Siku ditekuk sikap berdiri tegak
Skor 2 : jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 : jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara bernar

Pelaksanaan gerak
Skor 4 jika :
(1)   Langkahkan kaki kiri kedepan
(2)   Berat badan pada kaki kiri
(3)   Kaki kanan terlepas dari lantai
(4)   Tangan kanan diayunkan kedepan
Skor 3 : jika tiga kriteria dilakukan secara benar
Skor 2 : jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 : jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar

Pelaksanaan akhir (kembali kesikap semula)
Skor 3 jika :
(1)   Badan condong kedepan
(2)   Kedua tangan dilipat didepan
(3)   Berdiri sikap sempurna
Skor 2 : jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor 1 : jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar

III. Kriteria Penilaian Produk

Penilaian produk senam irama ini kriterianya diharapkan memenuhi standar KKM yaitu 7,5.

III. Penilaian Perilaku

Pengamatan dalam proses penilaian dilakukan saat pesertadidik melakukan senam irama. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 3. (Baik = 3, Sedang= 2, dan Kurang = 1).

Rubrik Penilaian Perilaku:                                          

Perilaku yang dinilai
Cek Lis (√)
Baik
Sedang
Kurang
1.    Kerja sama



2.    Tanggung Jawab



3.    Menghargai Teman



4.    Toleransi



5.    Disiplin



Jumlah skor Maksimal =15



V. Rekapitulasi Penilaian
           
No
Nama Peserta Didik
Aspek – aspek yang dinilai
Nilai =
K+P+P
3
Paraf Guru
Ketrampilan
Pengetahuan
Perilaku































Tidak ada komentar:

Posting Komentar