Penilaian
Outentik
Pada
Pembelajaran Senam Irama
Teknik
dan Bentuk Penilaian
(Materi Senam Irama Tanpa Alat)
I. Penilaian Pengetahuan
1) Petunjuk Penilaian
Setelah mempelajari materi senam
irama tanpa alatkerjakan tugas di bawah ini dengan penuh rasa tanggung jawab.
Tugas ini dikerjakan berkelompok di rumah dan dikumpulkan dalam bentuk
portofolio!
2)Butir
Soal Pengetahuan:
1. Jelaskan
cara melakukan gerakkan langkah kaki gerak berirama.
2. Jelaskan cara melakukan gerakan
ayunan lengan gerak berirama!
3. Jelaskan cara melakukan rangkaian
gerakan langkah kaki dan ayunan lengan gerak berirama!
4. Jelaskan
cara melakukan gerakan senam dengan menggunakan irama poco-poco
gerak
berirama!
5. Jelaskan cara melakukan gerakan
senam dengan menggunakan irama cha-cha gerak
berirama!
3.
Rubrik Penilaian Pengetahuan (Untuk Guru)
No
|
Butir Pertanyaan
|
Kriteria Persekoran
|
Nilai Akhir
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Ʃ
|
|||
1
|
Jelaskan cara melakukan gerakan
langkah kaki gerak berirama!
|
||||||
2
|
Jelaskan cara melakukan gerakan ayunan lengan gerak
beriama!
|
||||||
3
|
Jelaskan cara melakukan rangkaian
gerakan langkah kaki dan ayunan lengan gerak berirama!
|
||||||
4
|
Jelaskan cara melakukan gerakan
senam dengan menggunakan irama poco-poco gerak berirama!
|
||||||
5
|
Jelaskan
cara melakukan gerakan senam dengan menggunakan irama cha-cha gerak berirama!
|
4) Kriteria Penilaian
(Pengetahuan/Pemahaman)
Skor 4 : jika peserta didik mampu
menjelaskan tentang rangkaian gerakan langkah kaki dan ayunan lengan senam
berirama.
Skor 3 : jika
peserta didik mampu menjelaskan dua pertanyaan di atas.
Skor 2 : jika peserta didik mampu menjelaskan salah
satu pertanyaan di atas.
Skor1 : jika peserta didik tidak
satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan.
II. Penilaian
KeterampilanSenam Irama
Butir Soal Keterampilan (Unjuk
Kerja)
a) Lakukan gerakan langkah kaki
senam ritmik! Unsur-unsur yang dinilai adlah kesempurnaan melakukan suatu
proses gerakan (penilaian proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian
proses).
Proses Penilaian Gerak
|
Skor Akhir
|
Ket
|
|||
Sikap Awal gerakan (Skor 3)
|
Prose melakukan gerakan
(Skor 4)
|
Sikap akhir gerakan
(Skor 3)
|
Penilaian
Produk
(Tes gerakan langkah kaki)
|
||
. . .
.
|
. . .
.
|
. . .
.
|
. . .
.
|
. . .
.
|
b) Lakukan gerakan ayunan lengan
!Unsur unsur yg dinilai adalah kesempurnaan melakukan suatu(penilaian
proses)dan ketepatan melakukan gerakan ( penilaian proses )
Proses Penilaian Gerak
|
Skor Akhir
|
Ket
|
|||
Sikap Awal gerakan
(Skor 3)
|
Prose melakukan gerakan
(Skor 4)
|
Sikap akhir gerakan
(Skor 3)
|
Penilaian
Produk
(Tes gerakan ayunan lengan)
|
||
. . .
.
|
. . .
.
|
. . .
.
|
. . .
.
|
. . .
.
|
Kriteria
Penilaian Proses
Kriteria
skor : Pelaksanaan Ayunan Lengan Senam Ritmik (Proses)
•
Sikap awal
Skor
3 jika :
(1)
Berdiri tegak kedua kaki sejajar.
(2)
Kedua tangan disamping paha.
(3)
Siku di tekuk sikap berdiri tegak..
Skor 2: jika hanya dua kriteria yang
dilakukan secara benar
Skor
1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
· Pelaksanaan gerak
Skor
4 jika:
(1)
Langkahkan
kaki kiri kedepan .
(2)
Berat
badan pada kaki kiri.
(3)
Kaki
kanan terlepas dari lantai.
(4)
Tangan
kanan diayunkan kedepan.
Skor
3: jika lima kriteria dilakukan secara
benar
Skor
2: jika hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar
Skor
1: jika hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar
· Pelaksanaan akhir (Kembali ke sikap semula)
Skor
3 jika:
(1)
Badan
condang kedepan.
(2)
Kedua
tangan dilipat didepan
(3)
Berdiri sikap sempurna.
Skor
2: jika hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar
Skor
1: jika hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar
Kriteria skor: pelaksanaan ayunan lengan senam ritmik
(proses)
Sikap awal
Skor 3 jika :
(1)
Berdiri tegak kedua kaki sejajar
(2)
Kedua tangan disamping paha
(3)
Siku ditekuk sikap berdiri tegak
Skor 2 : jika hanya dua kriteria
yang dilakukan secara benar
Skor 1 : jika hanya satu kriteria
yang dilakukan secara bernar
Pelaksanaan gerak
Skor 4 jika :
(1)
Langkahkan kaki kiri kedepan
(2)
Berat badan pada kaki kiri
(3)
Kaki kanan terlepas dari lantai
(4)
Tangan kanan diayunkan kedepan
Skor 3 : jika tiga kriteria
dilakukan secara benar
Skor 2 : jika hanya dua kriteria
yang dilakukan secara benar
Skor 1 : jika hanya satu kriteria
yang dilakukan secara benar
Pelaksanaan akhir (kembali
kesikap semula)
Skor 3 jika :
(1)
Badan condong kedepan
(2)
Kedua tangan dilipat didepan
(3)
Berdiri sikap sempurna
Skor 2 : jika hanya dua kriteria
yang dilakukan secara benar
Skor 1 : jika hanya satu kriteria
yang dilakukan secara benar
III. Kriteria
Penilaian Produk
Penilaian
produk senam irama ini kriterianya diharapkan memenuhi standar KKM yaitu 7,5.
III. Penilaian Perilaku
Pengamatan dalam proses penilaian
dilakukan saat pesertadidik melakukan senam irama. Aspek-aspek yang dinilai
meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan
toleransi. Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap
peserta peserta didik menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 3.
(Baik = 3, Sedang= 2,
dan Kurang = 1).
Perilaku yang dinilai
|
Cek Lis (√)
|
||
Baik
|
Sedang
|
Kurang
|
|
1.
Kerja
sama
|
|||
2.
Tanggung
Jawab
|
|||
3.
Menghargai
Teman
|
|||
4.
Toleransi
|
|||
5.
Disiplin
|
|||
Jumlah skor Maksimal =15
|
V. Rekapitulasi
Penilaian
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek – aspek yang dinilai
|
Nilai =
K+P+P
3
|
Paraf Guru
|
||
Ketrampilan
|
Pengetahuan
|
Perilaku
|
||||
download : Penilaian Outentik Senam Irama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar